Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Terhubung Koneksi Internet

Akhir-akhir ini banyak pengguna mulai melaporkan ada kesalahan koneksi jaringan yang membuat mereka tidak menonton Tiktok. Jika kamu juga melihat kesalahan ini, jangan khawatir. Kami telah menyusun semua daftar cara mengatasi TikTok tidak bisa terhubung koneksi internet:

Mulai ulang aplikasi TikTok

Masalah koneksi bisa jadi hanya kesalahan di aplikasi TikTok. Hal juga terjadi jika jaringan kamu berubah saat membuka/menggunakan TikTok. Jika itu masalahnya, memulai ulang aplikasi secara sederhana akan berhasil.

Jika kamu tidak tahu caranya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Android

  • Di ponsel kamu, ketuk untuk membuka Setelan. Pilih Aplikasi & notifikasi dan ketuk Aplikasi .
  • Dalam daftar, temukan dan pilih TikTok . Lalu ketuk PASTI BERHENTI .
  • Sekarang kamu dapat memulai ulang TikTok dan menguji koneksi.

iPhone/iPad

  • Dari bagian bawah layar kmau, geser sedikit ke atas untuk membuka Pengalih Aplikasi. (jika ponsel kamu dilengkapi dengan tombol beranda , klik dua kali untuk membuka Pengalih Aplikasi.)
  • Kamu akan melihat tampilan yang tumpang tindih dari semua aplikasi yang terbuka. Geser ke kanan atau kiri hingga kamu menemukan TikTok. Geser ke atas pada aplikasi untuk menghentikannya.
  • Sekarang kamu dapat memulai ulang TikTok dan menguji koneksi.

Jika trik ini tidak menyelesaikan masalah kamu, lihat yang berikutnya di bawah ini.

Periksa apakah server TikTok sedang down

Sebelum kamu mulai memecahkan masalah, pertama-tama pastikan apakah itu hanya masalah server. Tidak seperti game online, TikTok saat ini tidak menyediakan pendeteksi status server, sehingga kamu dapat membuka Twitter dan mencari jika ada yang mengalami masalah yang sama dengan TikTok.

Tapi ingat server error bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan TikTok. Jika Twitter menyarankan itu masalah server.

Jika tidak ada tanda-tanda server TikTok sedang down, kamu dapat melanjutkan ke perbaikan berikutnya dan memecahkan masalah jaringan kamu.

Cek Koneksi Wi-Fi

Jika kamu memiliki akses ke peralatan jaringan, kamu dapat menggunakan langkah-langkah di bawah ini untuk memulai ulang router dan modem.

  • Di bagian belakang modem dan router, cabut kabel daya.
  • Tunggu setidaknya 30 detik , lalu pasang kembali kabelnya. Pastikan indikator kembali ke kondisi normal.
  • Buka browser kamu dan periksa koneksinya. Setelah Anda kembali online, mulai ulang TikTok dan periksa koneksinya.

Bersihkan cache aplikasi

Aplikasi di ponsel Android menyimpan sedikit informasi untuk mempercepat pemuatan dan menghemat data. Seiring waktu, file yang dikumpulkan menumpuk dan dapat menyebabkan aplikasi tidak berfungsi. Beberapa saat kamu melihat aplikasi tidak berfungsi dengan benar, kamu mungkin ingin menghapus cache.

  • Di ponsel kamu, ketuk untuk membuka Setela . Pilih Aplikasi & notifikasi dan ketuk Aplikasi .
  • Dalam daftar, temukan dan pilih TikTok . Kemudian ketuk Penyimpanan dan HAPUS CACHE .
  • Sekarang kamu dapat memulai ulang TikTok dan melihat apakah kamu dapat memuat video apa pun.

Gunakan VPN

VPN adalah proxy yang mengalihkan semua lalu lintas jaringan kamu ke server lain, yang juga akan melindungi identitas kamu dan memberi kamu koneksi yang lebih stabil. TikTok memiliki banyak server yang tersebar di seluruh dunia, artinya Anda dapat menggunakan VPN untuk mem-bypass server yang rusak yang Anda sambungkan .

Tetapi perhatikan bahwa kami tidak menyukai VPN gratis karena biasanya tidak bagus. Bahkan berlangganan murah akan memberi Anda kecepatan dan perlindungan privasi yang layak.