ganti IC hp berapa

Mengetahui Harga Ganti IC Hp Berapa dan Jenisnya

Umumnya, kerusakan pada smartphone dibedakan menjadi dua yaitu kerusakan sistem dan kerusakan pada komponen. Salah satunya Anda perlu mengetahui ganti IC hp berapa untuk mempersiapkan biaya service.

Namun, banyaknya komponen yang terpasang pada perangkat hp membuat Anda perlu memahami kerusakan yang terjadi. Seperti halnya jika tidak adanya sinyal, maka kemungkinan adanya kerusakan pada Ic baseband.

Baca Juga: Kode Bank Aladin dan Cara Transfer ke Bank Aladin Lewat ATM dan Mobile Banking

Harga Ganti IC Hp Berapa?

Untuk mengetahui harga ganti IC hp, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu kerusakan yang ada pada jenisnya. Karena, kerusakan komponen yang berbeda akan mempengaruhi harga perbaikannya.

Sehingga, dalam hal ini Anda perlu mengenal jenisnya dan memahami kerusakan yang terjadi pada perangkat iPhone tersebut. Lakukan pengecekan lebih lanjut dengan orang berpengalaman di bidang perangkat hp.

Mengenal Jenis IC pada Perangkat Hp

Perlu mengetahui beberapa jenis komponen tersebut beserta fungsinya untuk lebih mengetahui harga ganti IC hp berapa. Karena dalam satu perangkat terdiri dari gabungan beberapa jenisnya dan memiliki fungsi berbeda. Berikut jenis-jenisnya dari IC hp untuk diketahui lebih dalam:

1. IC Charging

Komponen ini memiliki fungsi untuk mengatur proses pengisian pada baterai ponsel ketika charging. Selain itu, diatur oleh CPU sehingga membuat komponen ini bisa mengatur serta mengirim tegangan sesuai kebutuhan dari charger ke dalam perangkat hp Anda.

Adanya kerusakan ini biasanya akan berpengaruh terhadap proses pengisian baterai seperti tidak bisa dicharging, menjadi boros, hingga pengisian menjadi tidak normal. Hal ini bisa dideteksi lebih dini untuk mendapat penanganan lebih cepat untuk menghindari kerusakan pada baterai.

2. IC Power

Kemudian elemen ini memiliki fungsi menyuplai tegangan dan menyalurkannya dari baterai ke seluruh komponen lain yang membutuhkan. Selain itu, elemen Power juga bertugas untuk mengatur dan menyesuaikan jumlah tegangan yang diberikan bisa sesuai atau tidak overload maupun kekurangan tegangan.

Perannya terbilang sangat penting, sehingga jika terjadi kerusakan membuat hp tidak akan bisa menyala atau mati total. Jika putus jalur dari power ke RF maka ponsel hanya mengalami masalah sinyal saja.

3. CPU

Komponen ini menjadi otak dari sistem ponsel dan memiliki tugas mengatur seluruh kegiatan yang ada pada rangkaian elemen ponsel Anda. Cara kerjanya dengan menerima input hasil dari perintah input data awal dan memberi perintah ke masing-masing komponen tersebut.

Kerusakan pada CPU bisa berdampak ponsel mengalami mati total, hank, lemot, dan lainnya. Sehingga, kerusakannya akan membuat seluruh komponen tidak dapat menerima perintah dan tidak bisa digunakan.

4. IC RF

Berbeda lagi mengenai harga ganti IC hp berapa untuk menangani kerusakan elemen ini. Fungsinya untuk memproses serta mengelola sinyal yang diterima oleh IC RF yang beragam seperti Osilator, IF, Enkoder, Dekoder, Detector, dan Mixer. Sehingga, bisa terdeteksi dan bisa menerima sinyal.

5. IC PA

Memiliki fungsi sebagai penguat akhir sinyal pengirim data sehingga handphone bisa terhubung ke operator jaringan. Ketika melakukan panggilan telepon maka elemen ini akan memancarkan sinyal ke tower terdekat, lalu meneruskan ke operator jaringan sampai dapat diterima oleh lawan bicara.

6. IC RAM

Harga ganti IC hp ini tergantung jenisnya yang mengalami kerusakan. Seperti halnya pada elemen ini berfungsi sebagai media penyimpanan data sementara yang bekerja tergantung pada arus listrik. Artinya saat handphone dimatikan maka data sementara tersebut akan tersimpan juga bisa hilang karena tidak ada arus listrik.

Beberapa jenis tersebut sangat mempengaruhi harga ganti IC hp berapa. Sehingga, perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut untuk mengetahui kerusakannya pada perangkat hp Anda. Carilah jasa service hp yang telah berpengalaman atau melalui service center resmi.