pu leather adalah

PU Leather Adalah Salah Satu Bahan Favorit untuk Tas, Namun Apa Itu PU Leather?

Bahan kulit sudah lama menjadi salah satu bahan favorit untuk membuat berbagai kebutuhan seperti jaket, sepatu dan juga tas. Namun karena kulit asli sulit didapatkan dan memiliki harga yang tinggi, banyak yang akhirnya beralih ke kulit sintetis yang tidak hanya lebih murah namun juga tidak perlu melibatkan proses membunuh binatang.

Serat sintetis sendiri memiliki beberapa jenis berbeda seperti serat polyester yang pastinya sudah sering Anda dengar. Serat sintetis lainnya disebut dengan polyurethane yang kemudian disingkat dengan PU, jadi PU leather adalah serat polyurethane yang terlihat dan terasa seperti kulit binatang. Berikut semua hal yang perlu Anda ketahui tentang jenis serat sintetis yang populer ini.

Baca Juga: Gamis Denim Cocok Dengan Jilbab Warna Apa? Ini Rekomendasinya!

Alasan Populernya PU Leather

apa itu pu leather

Serat polyurethane adalah bahan yang sangat populer dan terdapat banyak alasan di popularitas ini. Alasan pertama adalah sifat PU leather yang tidak mudah menyerap air sama seperti kulit binatang. Hal ini membuat tas yang terbuat dari PU leather bisa menahan percikan air serta sangat mudah dicuci dan dibersihkan.

Warna juga menjadi salah satu kelebihan dari bahan ini. Seperti Anda tahu, kulit biasanya hanya akan memiliki warna coklat atau hitam sehingga cukup membosankan. Namun dengan PU leather, Anda bisa mendapatkan berbagai produk kulit seperti dompet dan tas dengan warna yang cantik, unik dan beragam.

Baca Juga: Baju Merah Cocok dengan Celana Warna Apa? Berikut 10 Rekomendasinya!

Karena serat polyurethane pada dasarnya adalah jenis plastik, maka barang-barang yang dibuat dengan bahan dasar PU leather bisa didaur ulang. Hal ini tentu akan sangat membantu karena barang seperti tas atau dompet yang dibuat dengan PU leather bisa diubah menjadi barang lain jika mengalami kerusakan dan tidak perlu dibuang.

Jika Anda bertanya apa itu PU leather, maka jawabannya adalah jenis bahan sintetis yang menyerupai kulit binatang. Karena sifatnya yang sintetis, maka akan memberikan kelebihan lain yaitu harga yang lebih terjangkau daripada kulit binatang. Tidak hanya itu, jika Anda adalah seorang penyayang binatang, maka PU leather tentu adalah pilihan yang lebih baik daripada kulit binatang asli.

Kelebihan lainnya dari bahan PU leather ini adalah lapisannya yang tidak banyak sehingga akan menghasilkan bobot yang ringan. Hal ini tentu akan sangat signifikan terutama jika PU leather digunakan untuk membuat tas. Bobot tas itu sendiri tidak akan berkontribusi besar terhadap total bobot yang dimiliki ketika tas tersebut sudah penuh.

PU leather juga memiliki rongga yang lebih lebar. Hal ini akan membuat sirkulasi udara lebih baik sehingga kualitas PU leather bisa terjaga dalam waktu yang lama. Tidak hanya itu, sirkulasi udara yang baik juga akan membuat barang-barang seperti tas dan dompet yang dibuat dengan PU leather akan lebih tahan terhadap jamur.

Kekurangan PU Leather

Walaupun populer, banyak digunakan dan memiliki beragam kelebihan, namun tentu saja PU leather tidak luput dari beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui juga. Kekurangan pertama adalah dibandingkan dengan kulit binatang, PU leather ini lebih mudah sobek karena sifatnya yang lebih tipis daripada kulit binatang alami.

Kelemahan kedua yang dimiliki jenis bahan ini adalah bau yang cukup bahkan terkadang sangat menyengat. Hal ini karena polyurethane yang adalah jenis bahan kimia yang akan menghasilkan produk dengan aroma yang cukup keras. Tentu ini bisa cukup mengganggu apabila Anda memiliki penciuman yang sensitif.

Kekurangan lain dari bahan PU leather ini adalah cukup mudah dibedakan dengan kulit binatang yang alami. Jika Anda tidak peduli dengan pendapat orang lain tentu ini bukan masalah, namun jika Anda peduli maka ini tentu akan cukup mengganggu penampilan dan rasa percaya diri Anda.

PU leather adalah bahan yang tidak melibatkan proses membunuh binatang, namun di sisi lain bahan ini juga tidak ramah lingkungan. Ini karena bahan polyurethane adalah sintetis plastik yang jika dibuang tidak akan bisa diurai oleh alam dengan mudah. Butuh waktu ratusan tahun bagi bahan ini untuk terurai dengan sepenuhnya.

Perbedaan Kunci Antara PU Leather dan Kulit Binatang

Bahan kulit PU adalah sintetis dan tentu saja berbeda dengan kulit binatang yang alami. Sekilas, tidak ada perbedaan mencolok antara kedua jenis bahan ini kecuali jika barang yang terbuat dari PU leather memiliki warna yang mencolok. Walaupun begitu, ada beberapa perbedaan kunci yang bisa Anda perhatikan antara PU leather dan kulit binatang alamiah.

Perbedaan kunci pertama adalah tingkat ketebalan. Karena tidak menggunakan kulit binatang, PU leather akan lebih tipis sehingga bisa dilihat dan dirasakan sendiri. Tekstur juga adalah pembeda karena pada kulit binatang, tekstur yang akan dirasakan biasanya acak sedangkan tekstur pada PU leather lebih seragam.

Seperti disebutkan di atas, jika ada bahan kulit yang memiliki warna mencolok maka itu sudah pasti merupakan PU leather. Hal ini karena kulit binatang alamiah hanya akan memiliki dua warna yaitu coklat dan hitam sedangkan PU leather yang terbuat dari bahan sintetis bisa diberi warna yang jauh lebih beragam.

Selanjutnya ada perbedaan kualitas dalam kemampuan bertahan terhadap air. Tas atau dompet yang terbuat dari kulit binatang akan memiliki aspek penyerapan air yang lebih tinggi sehingga risiko basah lebih besar. Sedangkan tas atau dompet yang terbuat dari PU leather akan lebih kedap air sehingga Anda tidak perlu khawatir jika tas atau dompet tersebut terkena percikan air yang tidak terlalu parah.

Proses perawatan PU leather juga akan jauh lebih praktis dibandingkan dengan proses perawatan kulit binatang. Karena bahan dasarnya yang adalah plastik, maka Anda bisa saja mencuci dan membersihkan barang yang terbuat dari PU leather dengan metode cuci biasa. Hal ini berbeda dengan kulit binatang yang akan rusak jika dibersihkan dengan cara tersebut dan perlu metode perawatan yang khusus.

Bahan PU leather juga akan lebih tahan terhadap paparan cuaca daripada kulit binatang. Jika Anda meletakkan barang dari kulit binatang murni maupun campuran di area yang terpapar matahari terlalu lama maka permukaannya akan retak dan rusak. Hal ini tidak berlaku untuk PU leather yang mampu menahan paparan matahari maupun udara terbuka dengan lebih baik karena terbuat dari bahan sintetis plastik.

PU leather adalah bahan sintetis yang bisa dibuat menyerupai bahan kulit. Walaupun berbeda dengan kulit binatang, PU leather memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya lebih praktis untuk digunakan dan memiliki harga yang lebih murah daripada kulit binatang walaupun juga memiliki beberapa kekurangan yang bisa cukup mengganggu Anda sebagai penggunanya. Semoga artikel ini bisa membantu jika Anda sedang memilih antara kulit binatang atau PU leather.