7 Cara Mempercepat Dan Meningkatkan Performa Hp Saat Main Game

7 Cara Mempercepat Dan Meningkatkan Performa Hp Saat Main Game

Jika hp android yang kamu miliki tidak terasa secepat dulu saat pertama kali dibeli. Mungkin beberapa faktor menjadi masalahnya, mulia dari os hp yang sudah tidak update, memori ram yang kecil atau aplikasi yang memang bermasalah.

Untuk mengatasi beberapa masalah yang terjadi saat kinerja hp mulai melambat, berikut adalah cara mempercepat dan meningkatkan kenerja dan performa hp saat main game dan aktivitas lainnya.

Cara Membuat Kinerja Hp Android Lebih Cepat

Aplikasi dan pengaturan dasar/default di hp android tidak selalu yang terbaik jika kecepatan adalah prioritas yang kamu inginkan. Membuat beberapa perubahan dan menjaga hp kamubebas dari beberapa masalah dapat mempercepat kinerja hp android yang anda gunakan.

cara meningkatkan performa hp

Hapus Aplikasi Bermasalah

Aplikasi yang buruk sering menjadi masalah karena dapat memperlambat sistem kinerja hp. Mungkin saja kamu menggunakan aplikasi yang tidak resmi sehingga membuat beberapa masalah pada kinerja hp android.

Namun, ada juga beberapa aplikasi dari devloper besar dan resmi dapat menjadi masalah lag di hp kamu karena tidak sesuai dengan sistem dan spesifikasi yang hp kamu miliki.

Beberapa aplikasi terkenal lamban di Android, sementara menghapus aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram dapat membuat hp android 15% lebih cepat. Coba beralih ke aplikasi Facebook pihak ketiga sebagai gantinya atau coba aplikasi versi lite. Ada juga versi ringan dari aplikasi Google utama yang menggunakan lebih sedikit menggunakan memori dan berjalan lebih cepat.

Bersihkan Layar Home

Jika hp kamu menggunakan prosesor yang lambat atau RAM yang ringan, maka membersihkan layar  beranda dapat membantu mempercepatnya. Wallpaper dan widget yang hidup menggunakan sumber daya dapat memperlambat kinerja hp, dan yang terakhir bahkan dapat terus memperbarui di latar belakang yang tidak kamu ketahui.

👉 TRENDING:  Inilah Cara Membuat NPWP Online

Saat kamu beralih dari aplikasi yang banyak menggunakan RAM seperti Chrome, kamu akan melihat layar beranda yang benar-benar kosong dan harus menunggu beberapa detik sementara ikon, widget, dan wallpaper yang kamu gunakan memuat ulang. Jaga agar layar beranda tetap rapi untuk menghindari hal ini.

Gunakan Launcher Aplikasi

Launcher aplikasi yang digunakan hp android biasanya dirancang untuk menampilkan fitur terbaik yang digunakan smartphone kamu. Akibatnya, tidak selalu dapat mempercepat dan meningkatkan performa hp.

Kamu bisa menemukan dan menggunakan banyak launcher dari pihak ketiga di Play Store, dan banyak yang dioptimalkan untuk kecepatan. tetapi ada baiknya bereksperimen dengan beberapa aplikasi launcher untuk menemukan yang tepat untuk hp kamu.

Hapus Antivirus

Antivirus mengklaim menawarkan keamanan bagi pengguna Android, tetapi itu tidak perlu. Beberapa aplikasi antivirus memperlambat performa hp dan menguras baterai. Selama kamu hanya menginstal aplikasi dari sumber resmi seperti Play Store, kemungkinan besar tidak akan terkana virus atau malware.

cara meningkatkan fps android

Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

cara mempercepat dan meningkatkan performa hp lainnya adalah dengan menonaktifkan sinkronisasi otomatis dari berbagai aplikasi. Sosial, berita, cuaca, dan banyak aplikasi lainnya diatur untuk disinkronkan secara otomatis. Secara default, singkronisasi otomatis bisa berjalan setiap 15 menit. Dengan terlalu banyak aplikasi yang diinstal, hp kamu mungkin saja akan lag dan patah patah saat digunakan.

Periksa jadwal sinkronisasi untuk semua aplikasi dan atur jadwal yang lebih panjang setiap beberapa jam atau sekali sehari. Atau matikan saja sinkronisasi dan perbarui secara manual.

Instal Pembaruan OS

Setiap versi baru android menawarkan peningkatan kinerja dari yang terakhir, jadi jika hp kamu memiliki pembaruan yang tersedia maka kamu harus selalu menginstalnya. Tentu saja, tidak semua produsen memperbarui ponsel mereka , jadi ini adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan saat kamu meningkatkan versi berikutnya.

👉 TRENDING:  5 Cara Memperbaiki Touchscreen iPhone Yang Tidak Berfungsi

Hal yang sama berlaku untuk aplikasi. Aktifkan pembaruan otomatis di Play Store untuk memastikan bahwa hp yang kamu gunakan menerima pembaruan terbaru segera setelah bug aplikasi yang menguras sumber daya dan menguras baterai diperbaiki. Buka Pengaturan > Perbarui otomatis aplikasi untuk menyiapkannya.

Restart Secara Teratur

Restart hp secara teratur dapat membantu menjaga OS berjalan dengan lancar, kamu tidak harus melakukannya setiap hari, tetapi restart sesekali akan sangat membantu, terutama jika hp menjadi sangat lambat atau mulai bekerja lebih panas dari biasanya.

Berikut adalah cara meningkatkan performa hp saat digunakan untuk berbagai aktivitas seperti main game, social media yang dapat kamu coba untuk berbagai hp android seperti samsung, xiaomi, poco dll.